Senin, 23 Februari 2009

MEHRUNNISA THE 20TH WIFE


Mehrunnisa adalah putri seorang pelarian berkebangsaan Persia yang diangkat menjadi Pejabat di Negri India yang saat itu diperintah oleh seorang moslem bernama Sultan Akbar yang hebat. Kecantikannya memikat Pangeran Salim sang putera mahkota. Ambisinya menikah dengan Pangeran membuahkan jalan terjal penuh perjuangan. Dalam keadaan menjanda dengan seorang puteri dari suami terdahulunya, setelah melalui berbagai rintangan yang menguras airmatanya dalam 13 tahun masa penuh pengharapan, Mehrunnisa berhasil diperistri Pangeran Salim yang kala itu sudah naik tahta menjadi Raja bergelar Sultan Jahangir.Mehrunnisa menjadi istri Sultan Jahangir yang ke-20 sekaligus yang terakhir.
Novel indah dari tanah Hindustan buah karya Indu Sundaresan memenangkan Penghargaan Washington State Book Award. Mengandung unsur Sejarah yang begitu penting. Konon Taj Mahal dibangun sebagai penghormatan atas diri Mehrunnisa.
Membacanya membuatku merasa berada dalam lingkungan istana kerajaan mengintip kejadian demi kejadian yang berlangsung dengan sedemikian nyatanya. Begitu indah, secara aku bermimpi ingin menjadi puteri raja yang tinggal di istana nan indah mengenakan gaun-gaun sutra yang amat cantiknya dicintai dan dipuja para pangeran. Paling tidak penggambaran yang disajikan Indu Sundaresan dalam novelnya mewujudkan mimpiku dalam sekejab. Oh, indahnya istana...
Yang menarik perhatianku selain keindahannya adalah ternyata cinta mengalahkan segalanya. Baru di kisah ini kutemukan, ternyata Sultan tetap menginginkan Mehrunnisa meski ia sudah menjadi janda dengan seorang puteri yang juga jelita. Buatku itu artinya, wanita jangan pernah patah semangat. Bila pria kita sudah jatuh cinta, jangan isi fikiran dengan kekhawatiran yang tak berguna. Sementara buat temanku yang kebetulan menjanda, jangan patah semangat, cinta ternyata tak mengenal status seseorang.
Untuk para gadis yang belum menikah, jangan ciutkan hati anda, bila Mehrunnisa saja yang tak gadis lagi berhasil menaklukan hati sang Raja, apalagi kamu-kamu yang masih terpelihara, tak sulitlah memperoleh dambaan hati, kobarkan terus api cintamu, persembahkan buat Pangeran yang Tuhan kirimkan buatmu. Insya Allah pasti ada kok, khan Tuhan yang bilang bahwa Dia menciptakan mahluk itu berpasang-pasangan. Berarti pasangan kamu juga sudah diciptakanNya pula. Gak percaya? Buktiin aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar