Senin, 23 Februari 2009

MODELLING INGREDIENTS



Layaknya dunia perkuliahan ataupun sekolah yang mempunyai bidang akademis alias spesialisasi, dunia modelling juga memiliki bidang spesialisasi atau kekhususan. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kriteria yang dibutuhkan oleh user atau klien yang menggunakan jasa kita. Berikut ini penjelasannya:

1. Model Foto
Model foto adalah seorang model yang dibutuhkan untuk keperluan pemotretan Fotogenik artinya wajahnya sangat bersahabat dengan kamera, sehingga wajah sang model akan terlihat lebih cantik atau lebih tampan atau lebih menarik pada foto yang dihasilkan nanti. Selain itu model foto atau fotomodel lebih bertoleransi terhadap bentuk fisik, maksudnya fotomodel boleh tidak tinggi menjulang, boleh punya tubuh yang lebih berisi. Tapi kesehatan dan keindahan kulit, rambut hingga gigi harus tetap terjaga looh. Demi memaksimalkan hasil foto yang dibutuhkan klien nantinya. Kelenturan tubuh juga diperlukan karena fotomodel dituntut untuk bisa menampilkan berbagai pose yang diperlukan. Makanya, perlu juga seorang fotomodel rajin berolahraga, biar tubuhnya lentur dan sehat. Selain itu, seorang fotomodel diharuskan mengatur waktu istirahatnya dengan baik, agar ekspresi yang dihasilkan oleh matanya bisa cantik berbinar. Keindahan batin juga harus dijaga ya, karena batin yang indah akan menghasilkan binar mata yang indah juga senyum tulus yang menawan. Nah, karena tinggiku hanya 165 cm dan kekuatanku adalah wajah yang fotogenik, aku menempatkan posisiku pada model foto yang ini alias menjadi seorang fotomodel.

2. Model Catwalk
Model Catwalk adalah seorang model yang memeragakan busana karya seorang desainer diatas catwalk. Tinggi badan diatas 170 cm adalah yang mutlak dimiliki oleh seseorang yang ingin menjadi model catwalk. Berat badan yang proporsional dan langsing tentunya hal yang penting.

3. Model Iklan
Model iklan yang aku maksud disini adalah model untuk iklan yang ditayangkan dilayar televisi. Tidak ada persyaratan khusus yang dapat didefinisikan disini mengingat beragamnya karakter yang dibutuhkan sebuah iklan. Misalnya iklan sabun cuci membutuhkan profil seorang ibu sebagai main talent atau bintang nya, nah kamu yang masih remaja belasan tahun tentunya tidak memenuhi kriteria khan. Selain itu bila si ibu yang diinginkan adalah yang berbadan gemuk, tentunya wanita yang kurus tidak akan lolos castingnya. Dengan jangkauan kebutuhannya yang luas, bisa dibilang lebih banyak orang yang bisa menjadi bintang iklan. Sesuaikan dengan karakternya saja nantinya.

4. Model muslimah
Ini definisi model yang kubuat dan kumaksudkan sendiri ya. Buatku, model muslimah sangat diperlukan sekarang ini. Perkembangan islam yang begitu pesat dan lebih ramah serta kesadaran muslimah menutup aurat yang semakin tinggi, tentunya merangsang pertumbuhan dan penciptaan trend fashion dan pernak pernik yang khusus diperuntukkan bagi wanita muslimah. Alangkah baiknya apabila produk-produk yang ada baik produk fashion ataupun artikel yang membutuhkan penggambaran seorang wanita muslimah, dilakoni oleh seorang wanita yang benar-benar muslimah dan dalam hal ini berjilbab. Bukan hanya seorang wanita yang dipakaikan jilbab. Menurutku, hal ini nantinya akan menguatkan image produk yang dibawakan karena keseharian yang sesuai telah melekat pada modelnya. Selain itu, potensi muslimah yang berminat dengan dunia modellingpun bisa dikembangkan dengan baik. Profesi model bukanlah profesi yang tidak baik. Apabila pelakunya bisa menyelaraskan pekerjaannya dengan ketentuan yang berlaku, aku rasa boleh-boleh saja muslimah menjadi seorang model. Silahkan lihat mba Ratih Sang, mba Astri ivo juga Inneke Koesherawati, sepertinya beliau semua dapat menjadi contoh panutan yang baik buat kita.
Model iklan yang aku maksud disini adalah model untuk iklan yang ditayangkan dilayar televisi. Tidak ada persyaratan khusus yang dapat didefinisikan disini mengingat beragamnya karakter yang dibutuhkan sebuah iklan. Misalnya iklan sabun cuci membutuhkan profil seorang ibu sebagai main talent atau bintang nya, nah kamu yang masih remaja belasan tahun tentunya tidak memenuhi kriteria khan. Selain itu bila si ibu yang diinginkan adalah yang berbadan gemuk, tentunya wanita yang kurus tidak akan lolos castingnya. Dengan jangkauan kebutuhannya yang luas, bisa dibilang lebih banyak orang bisa menjadi bintang iklan. Sesuaikan dengan karakternya saja nantinya.

2 komentar:

  1. kak masuk foto nya kemamna?gimana?
    nie ias yang kemaren sms

    BalasHapus
  2. Latihan" apa & apa aja yang musti di lakuin ci biar badannya bagus ? hehe

    BalasHapus